Mengenal motor yamaha XS650

Yamaha XS650, Motor Canggih di Kelas Parallel-Twin Era 1970-an


Yamaha merupakan salah satu merek sepedamotor asal Jepang yang sangat sukses di pasara dunia. Namun, kesuksesan pabrikan berlogo garpu tala itu tidak didapatkan dalam waktu singkat. Perusahaan yang awalnya hanya membuat instrumen musik tersebut telah memproduksi banyak varian sepeda motor dalam waktu yang relatif lama. Dan, salah satu model klasik milik Yamaha yang cukup terkenal adalah motor XS650.
Yamaha XS650 - www.motorcyclespecs.co.za
Yamaha XS650

Yamaha XS650 pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968 dan menjadi sepeda motor dengan mesin paling canggih untuk kelas motor besar twin-parallel di era itu. Mesin dan gearbox adalah unit konstruksi dengan bak mesin split horizontal untuk memudahkan perakitan. Katup XS650 dioperasikan oleh overhead camshaft tunggal (SOHC), sedangkan hampir semua yang se-zaman di kelasnya masih dengan pushrod.
Yamaha XS650 diproduksi di Eropa dan Amerika hingga tahun 1985. Sekitar lebih dari satu juta unit XS650 dengan 40 variasi dihasilkan Yamaha pada tahun 1970 hingga 1985. XS650 twin, terutama di Amerika, telah berkembang menjadi sebuah kultus karena alasan tertentu. Di Amerika Serikat, motor ini terakhir diproduksi hingga tahun 1983. Di Kanada, Eropa dan juga pasar lainnya, motor ini bahkan terus diproduksi hingga tahun 1985.
Di bagian dapur pacu, Yamaha membekali XS650 dengan mesin tipe 4-stroke, parallel-twin cylinder, SOHC, 2 katup per silinder, berkapasitas 653cc, air-cooled. Dengan modal tersebut, motor ini disebut mampu memuntahkan tenaga hingga 39,5 kW pada putaran 7.200 rpm dan torsi puncak menembus angka 54 Nm pada putaran 6.800 rpm.
Motor ini juga sempat digunakan oleh Kenny Robert untuk mengikuti ajang AMA Professional Dirt Track Racing. Hasilnya, Robert berhasil menyabet juara umum selama dua tahun beruntun, yaitu pada tahun 1973 dan 1974, di atas XS650. Berikut spesifikasi Yamaha XS650.
Dimensi2.179 x 899 x 1.161 mm
Jarak Sumbu Roda1.435 mm
Jarak ke Tanah150 mm
Berat Kosong191 kg
Kapasitas Bahan Bakar15 L
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangDual Shock
Rem DepanDisc
Rem BelakangDrum
Ban Depan3,50H-19 4PR
Ban Belakang4,00H-18 4PR
Tipe Mesin4-stroke, parallel-twin cylinder, SOHC, 2 katup per silinder
Kapasitas Mesin653cc
Diameter x Langkah75 x 74 mm
Daya Maksimum39,5 kW @ 7.200 rpm
Torsi Maksimum54 Nm @ 6.800 rpm
PendinginAir-cooled
Transmisi5-speed
StarterElectric & Kick

Komentar